Keberagaman Budaya Bahasa Paling Unik di Dunia

Keberagaman Budaya Bahasa Paling Unik di Dunia – Bahasa mencerminkan berbagai budaya kita. Bahasa Inggris sendiri awalnya berasal dari Inggris, di mana waktu sangat penting, oleh karena itu semua tenses berbeda yang dimiliki bahasa Inggris dan berapa banyak cara untuk memberi tahu waktu, misalnya. Budaya lain lebih fokus pada hal-hal lain yang penting bagi mereka, oleh karena itu mengapa mereka terdengar sangat berbeda bahkan jika mereka berada di bagian dunia yang sama. Karena dunia ini sangat beragam maka ada beberapa bahasa yang berbeda di seluruh dunia, dan ada juga yang cukup unik. Berikut ini daftarnya.

1. Finlandia

Keberagaman Budaya Bahasa Paling Unik di Dunia

Finlandia berada di antara Swedia dan Rusia, jadi Anda akan menganggap bahasanya akan terdengar seperti campuran di antara keduanya. Mereka sebenarnya memiliki bahasa yang benar-benar unik. Mereka masih menggunakan alfabet Latin dengan tambahan huruf ä, å, and ö seperti bahasa Swedia. Dialek bahasa Finlandia cukup unik, karena ada satu versi untuk bahasa tertulis, atau “Finlandia standar” sementara yang lain untuk bahasa lisan, tergantung di mana pembicara dari dialek berbeda. Karena Finlandia berada di bawah kekuasaan Swedia begitu lama, bahasa Swedia adalah salah satu bahasa resmi di sana.

2. Basque

Karena Basque berada di wilayah Spanyol dan Prancis, Anda akan mengharapkannya menjadi bahasa roman dan terdengar mirip dengan bahasa tersebut. Sebenarnya, dikatakan bahwa itu adalah salah satu dari sedikit bahasa pra Indo-Eropa yang bertahan jauh sebelum Roma dan kerajaan lainnya. Ada sejumlah teori berbeda yang bertanya-tanya seperti apa bahasa itu, tetapi kebanyakan dari mereka telah dibantah sekarang. Itu memang menggunakan alfabet Latin, tetapi sistem penomorannya benar-benar berbeda.

3. Silbo Gomero

La Gomera adalah sebuah pulau di Kepulauan Canary yang merupakan wilayah Spanyol. Penduduk asli pulau itu adalah Guanches dan di La Gomera dan salah satu bahasa yang mereka gunakan adalah Silbo Gomero, atau bahasa bersiul. Ini dapat melintasi jurang dan pegunungan, yang membuatnya berguna untuk berbicara dengan orang jarak jauh. Dengan ditemukannya telepon yang demikian, pada tahun 1950-an bahasa tersebut mengalami penurunan. Namun, sejak 1999 sudah diajarkan di sekolah-sekolah daerah sehingga meningkat lagi.

4. Archi

Archi adalah salah satu bahasa yang digunakan di wilayah barat daya Rusia (Archib dan Dagestan). Apa yang paling unik tentang itu adalah bahwa lebih dari 1 juta cara untuk memodifikasi kata kerja, yang mungkin cukup sulit untuk diingat. Untuk waktu yang lama tidak ada contoh tertulis dari Archi juga. Kadang-kadang itu adalah studi dengan huruf Latin, namun pada tahun 2006 ada alfabet Cyrillic yang dibuat untuk itu.

5. Korea

Keberagaman Budaya Bahasa Paling Unik di Dunia

Karena Anda benar-benar pernah mendengar tentang Korea dan Korea (setidaknya, mungkin Anda pernah mendengarnya), gagasan bahwa itu adalah bagian dari daftar bahasa yang unik mungkin akan mengejutkan Anda. Aslinya tulisan Korea diambil dari karakter Cina dan mereka menyebutnya Hanja dan hanya elit yang melek huruf. Namun pada abad ke-15, bahasa tulis baru diciptakan, Hangul, yang masih digunakan sampai sekarang dan tersedia untuk semua kelas orang untuk membaca dan menulis. Bahasa Korea adalah bahasa yang benar-benar terisolasi, artinya tidak ada yang tahu apa hubungannya. Beberapa mengatakan bahasa Jepang, karena mereka agak mirip dalam beberapa hal, namun yang lain mengatakan itu lebih terkait dengan Mongolia.

6. Huaorani/Waorani

Ini mungkin salah satu bahasa paling unik dalam daftar ini. Masih dituturkan oleh beberapa orang di amazon di Peru dan Ekuador, beberapa penuturnya masih berasal dari suku-suku yang belum pernah dihubungi (atau terbatas dihubungi). Itu juga dianggap terancam punah karena lebih banyak orang yang berbicara bahasa itu juga belajar bahasa Spanyol dan Quechua dan lebih sering menggunakannya. Ada beberapa cara berbeda untuk mengucapkan vokal untuk menandakan arti yang berbeda, dan bahasa ini benar-benar berbeda dari bahasa sekitarnya.

7. Esperanto

Esperanto benar-benar unik karena benar-benar dibuat-buat (dan sebenarnya tidak memiliki kata kerja tidak beraturan). Itu dibuat pada tahun 1887 untuk mencoba membuat dan bahasa kedua universal yang mudah diketahui hampir semua orang. Di zaman sekarang ini, mungkin saja sebanyak 10 juta orang menggunakannya sebagai bahasa kedua. Ini menggunakan alfabet Latin dan memiliki sistem braille sendiri. Meskipun seharusnya menjadi bahasa internasional, itu terutama Indo-Eropa dan sebagian besar dari bahasa roman seperti Latin, Spanyol, dan Prancis. Hal ini membuat banyak orang mengeluh karena sebagian besar dunia berbicara bahasa Asia yang sama sekali tidak berhubungan (oleh karena itu bukan bahasa yang mudah dan fleksibel untuk mereka pelajari).

8. Cina

Mungkin bahkan tidak perlu diberitahuka kepada Anda betapa uniknya bahasa Mandarin atau mengapa bahasa itu ada dalam daftar bahasa unik ini. Tidak ada alfabet nyata, Anda harus mengetahui setidaknya 3.000 karakter bahasa tertulis untuk membaca koran. Ada beberapa dialek daerah yang berbeda, dan semuanya sangat bervariasi sehingga tidak semua bisa saling memahami. Belum lagi nada-nadanya. Satu kata memiliki beberapa nada yang berbeda, masing-masing memiliki arti yang sama sekali berbeda. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa angka “empat” mereka “buruk”. Kedengarannya mirip dengan kata mereka untuk “kematian.”

admin

Back to top