Fakta Yang Menarik Tentang Bahasa Dari Seluruh Dunia

Fakta Yang Menarik Tentang Bahasa Dari Seluruh Dunia – Bahasa sebagai alat komunikasi adalah sesuatu yang sudah banyak dari kita ambil bagian tanpa berpikir. Berbicara dengan keluarga, teman, atau sebagai bagian dari presentasi bisnis, kita berbicara rata-rata 15.000 kata setiap hari. Meskipun demikian, bahasa lisan bukan hanya sesuatu yang dikembangkan oleh seorang sarjana atau intelektual dalam semalam. Bahasa, cara kita berbicara, dan kata-kata yang kita gunakan semuanya merupakan bagian dari proses evolusi alami. Bahkan sekarang, bahasa terus berkembang, dengan emoji “wajah tersenyum” yang saat ini ditampilkan dalam kamus Oxford.

Bagi banyak dari kita, dibangunkan oleh “dawn chorus” bukanlah hal baru. Hampir semua spesies menggunakan beberapa bentuk suara untuk berkomunikasi satu sama lain. Yang membuat manusia unik secara individu adalah kemampuan kita untuk mengembangkan bunyi-bunyi itu menjadi rangkaian kata yang mengikuti suatu struktur, sehingga memberikan makna. Keindahan bahasa adalah perkembangan alaminya dari waktu ke waktu ketika kita mengaitkan kata-kata tertentu dengan suatu objek atau tindakan, bersama dengan bagaimana kata-kata itu diucapkan atau didengar. Pemahaman kita kemudian diteruskan dari orang ke orang dan dari generasi ke generasi, menghasilkan perkembangan bahasa yang organik.

Sekaya dan sekompleks apapun, bahasa, tertulis atau lisan, adalah tentang mengekspresikan diri kita, memberikan kesempatan untuk membuat orang tertawa, menangis, berpikir, atau bereaksi. Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang bahasa, beberapa di antaranya mungkin mengejutkan Anda.

1. ADA LEBIH DARI 7.000 BAHASA LISAN

Fakta Yang Menarik Tentang Bahasa Dari Seluruh Dunia

Banyak dari kita hanya tahu sedikit, tetapi lebih dari 7.000 bahasa ada di seluruh dunia. Lebih dari setengahnya adalah variasi pada bahasa asli. Disebut sebagai dialek, variasi ini tergantung pada faktor-faktor seperti wilayah suatu negara atau pengaruh budaya. Anehnya, hampir setengah dari semua bahasa tidak memiliki bentuk tertulis, hanya ada sebagai kata yang diucapkan.

2. BAHASA YANG PALING UMUM

Sementara bahasa Inggris memiliki lebih dari 171.000 kata dalam kamusnya dan digunakan di banyak negara, bahasa Cina adalah bahasa yang paling umum digunakan, diikuti oleh bahasa Spanyol. Namun, untuk dianggap fasih berbahasa Mandarin, Anda perlu mempelajari sekitar 3.000 simbol yang berbeda dan artinya.

3. ALKITAB ADALAH BUKU YANG PALING TERJEMAHAN

Terlepas dari popularitas serial Harry Potter, Alkitab adalah buku yang paling banyak diterjemahkan di dunia. Diterjemahkan sepenuhnya ke dalam 554 bahasa, ada 2.900 bahasa tambahan yang telah menerjemahkan sebagian teks. Buku kedua yang paling banyak diterjemahkan (tidak, masih bukan Harry Potter) adalah Pinokio, meskipun buku ini jauh dari Alkitab dengan hanya 250 terjemahan bahasa yang berbeda.

4. LEBIH DARI 300 BAHASA DILAKUKAN DI AMERIKA SERIKAT

Dengan begitu banyak bahasa yang digunakan, mana yang merupakan bahasa resmi Amerika Serikat? Jawaban yang benar adalah tidak ada. Selama proses pembuatan undang-undang oleh Continental Congress, tidak ada bahasa resmi yang dipilih, akibat banyaknya pemukim unik pada saat itu. Sejak itu, keragaman tetap ada di seluruh Amerika Serikat, yang sekarang memiliki populasi penutur bahasa Spanyol tertinggi kedua.

5. NEGARA DENGAN BAHASA TERBANYAK DATA

Jika Anda menebak yang satu ini dengan benar, maka Anda adalah pecinta bahasa sejati. Papua Nugini memiliki lebih dari 800 bahasa, atau tepatnya 841. Dari 841 bahasa tersebut, hampir semuanya digunakan secara pribumi, dengan pengaruh imigran yang sangat kecil. Meskipun begitu banyak bahasa di satu negara, tiga yang secara resmi dianggap adalah bahasa Inggris, Hiri Motu, dan Tok Pisin.

6. KLINGON ADALAH SALAH SATU DARI 200 BAHASA PALSU

Fakta Yang Menarik Tentang Bahasa Dari Seluruh Dunia

Bergembiralah karena tahun-tahun yang dihabiskan untuk mempelajari Klingon tidak sia-sia. Faktanya, ada lebih dari 200 bahasa yang terdiri dari buku, film, atau TV. Beberapa bahasa fiksi populer lainnya termasuk Elvish dari seri buku Tolkien dan Dothraki dari seri Game of Thrones yang sangat populer.

7. BAHASA YANG DILIHAT DAPAT MENJADI PUNUH

Jika tidak ada yang berbicara bahasa atau merekam variasi tertulis, maka benar, bahasa bisa mati. Lebih tepatnya, seringkali dialek yang mati, dengan 241 yang diketahui telah punah. Dari 7.000 yang kita bicarakan sebagai planet, 2.400 saat ini terancam hilang selamanya. National Geographic mengklaim satu bahasa hilang setiap dua minggu.

8. HURUF PALING UMUM DALAM BAHASA INGGRIS

Bukan hanya bahasa Inggris, “E” adalah salah satu huruf paling umum dalam bahasa Norwegia, Finlandia, Prancis, dan Italia. E menyumbang lebih dari 11% dari huruf-huruf dalam Oxford English Dictionary, dengan huruf yang paling jarang adalah “Q”. “A” adalah huruf paling umum kedua untuk sebagian besar bahasa Eropa.

9. 86% ORANG MENGGUNAKAN BAHASA ASIA ATAU EROPA

Terlepas dari banyaknya jumlah bahasa, bahasa lisan didominasi oleh bahasa Asia dan Eropa, terutama didorong oleh kepadatan penduduk di daerah ini dan kolonisasi yang meluas dalam sejarah baru-baru ini. Dengan mayoritas yang begitu besar, mudah untuk melihat bagaimana bahasa yang lebih kecil atau kurang umum digunakan mulai punah.

10. ASAL USUL BAHASA TANGGAL KEMBALI KE…

Fakta terakhir ini mungkin semacam ikan haring merah. Asal-usul yang tepat dari bahasa dan penggunaan pertama mereka adalah topik yang hangat diperdebatkan. Tidak ada kerangka waktu yang dikonfirmasi, meskipun ahli bahasa menganggap bahasa lisan berasal sekitar 100.000 SM. Pada saat ini, homo sapiens mulai mengembangkan struktur otak yang lebih besar dan pita suara yang mirip dengan milik kita. Spekulasi mengasumsikan bahwa menggunakan suara untuk berkomunikasi akan terjadi selama periode ini, bertepatan dengan perkembangan fisik.

Back to top