Berbagai Bahasa Paling Banyak Dipergunakan di Dunia I

Berbagai Bahasa Paling Banyak Dipergunakan di Dunia I – Untuk menentukan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia adalah tugas yang lebih sulit daripada yang Anda bayangkan. Kita bisa mengatakan dengan yakin bahwa bahasa Mandarin, Inggris, Spanyol, dan Arab akan muncul (dan kira-kira dalam urutan apa), tetapi ada beberapa kejutan juga. Apakah Anda akan menebak bahwa bahasa Bengali termasuk dalam 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia?

Satu peringatan kecil, menetapkan data keras, dalam bentuk “X juta penutur asli”, ke salah satu bahasa ini praktis tidak mungkin. Apa yang merupakan bahasa atau dialek adalah hal-hal yang diperebutkan. Lebih meresahkan adalah kenyataan bahwa apa yang kita sebut hanya sebagai “Cina” sebenarnya adalah seluruh keluarga bahasa yang dengan mudah disatukan ke dalam satu kategori. “Hindi” juga digunakan sebagai istilah umum untuk mencakup banyak dialek dan sub-dialek. Bahkan belum mengakui ketidakandalan sumber data, yang dikumpulkan pada waktu yang berbeda oleh lembaga yang berbeda. Angka-angka di bawah ini dikumpulkan oleh sebuah sumber yaitu Ethnologue, yang secara luas dianggap sebagai sumber data bahasa terlengkap yang ada saat ini.

Tapi sekali lagi, siapa yang tidak suka daftar yang bagus? Jadi berikut ini telah disusun dua versi untuk Anda. Jika dihitung berdasarkan jumlah penutur asli saja, ini adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

1. Bahasa Mandarin — 1,3 Miliar Penutur Asli

Berbagai Bahasa Paling Banyak Dipergunakan di Dunia I

Angka sangat bervariasi, Ethnologue menempatkan jumlah penutur asli pada 1,3 miliar penutur asli, kira-kira 1,1 miliar di antaranya berbicara bahasa Mandarin tetapi tidak diragukan lagi itu adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Jika Anda ingin mempelajari bahasa yang digunakan oleh satu dari enam orang di dunia, ini adalah bahasa yang tepat untuk Anda. Mengingat bahasa Cina adalah bahasa nada yang menggunakan ribuan logogram, tentu akan membuat Anda sibuk.

2. Bahasa Spanyol — 471 Juta Penutur Asli

Jika kita hanya melihat penutur asli, bahasa Spanyol memiliki hidung di depan bahasa Inggris dengan sekitar 471 juta penutur. Jika Anda menginginkan bahasa yang akan membuka seluruh benua bagi Anda, bahasa Spanyol adalah pilihan terbaik Anda. Seperti semua bahasa dalam daftar ini, politik bahasa dan identitas terkait sangat diperdebatkan: tanyakan penutur Catalan atau Quechua apakah bahasa Spanyol adalah bahasa lokal mereka dan Anda akan mendapatkan jawaban yang sangat berbeda. Tapi itu pasti bahasa utama sebagian besar Amerika Selatan dan Tengah, Spanyol, dan, ahem, sebagian besar AS.

3. Bahasa Inggris — 370 Juta Penutur Asli

Berbagai Bahasa Paling Banyak Dipergunakan di Dunia I

Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin salah satu dari 370 juta penutur asli bahasa Inggris, atau salah satu dari 978 juta orang yang menggunakannya sebagai bahasa kedua. Hal ini menunjukkan keberhasilan luar biasa bahasa Inggris sebagai lingua franca bisnis, perjalanan dan hubungan internasional. Kemudahan yang relatif dalam mempelajari bahasa Inggris (terutama dibandingkan dengan bahasa Cina) dan kekuatan lunak yang meresap dari budaya AS berarti bahwa bahasa Inggris akan terus mendominasi panggung dunia di masa mendatang. Bagi sebagian orang, bahasa Inggris masih identik dengan peluang dan kualitas hidup yang lebih baik.

4. Hindi — 342 Juta Penutur Asli

India memiliki 23 bahasa resmi, dengan kepala bahasa Hindi/Urdu di antaranya. Apakah ini satu bahasa, Hindustan atau dua dialek masih diperdebatkan dengan sengit. Dituturkan terutama di India utara dan sebagian Pakistan, bahasa Hindi menggunakan aksara devnagri, sedangkan bahasa Urdu menggunakan notasi Persia. Pada saat penulisan, perdebatan tentang perannya dalam pendidikan dan masyarakat India sekali lagi berkobar: Perdana Menteri Narendra Modi, seorang nasionalis Hindu, berusaha agar bahasa Hindi menggantikan bahasa Inggris di negara bagian India selatan sebagai bahasa utama komunikasi resmi. dan pendidikan, sebuah strategi yang mendapat perlawanan. Jika Anda pernah bepergian di anak benua India, sedikit bahasa Hindi akan membawa Anda jauh.

5. Bahasa Arab — 315 Juta Penutur Asli

Angka terbaru menempatkan bahasa Arab di sekitar 315 juta penutur asli. Tapi ini adalah contoh lain dari angka-angka yang tidak menceritakan kisah lengkap: Arab, seperti Cina, sangat berbeda dalam dialek masing-masing sehingga secara efektif menjadi sejumlah bahasa, dikelompokkan sebagai satu demi kenyamanan. Bahasa Arab Standar Modern adalah bentuk tulisan utama, yang terkait erat dengan Bahasa Arab Klasik Al-Qur’an. Namun, bentuk lisan bahasa Arab di, katakanlah, Oman dan Maroko sangat berbeda sehingga beberapa profesor filsafat dari negara-negara ini mungkin dapat mendiskusikan poin-poin penting dari teks-teks kuno sambil masih berjuang untuk memesan makan siang.

admin

Back to top